Pengertian java dan perbedaan system.out.print dengan system.out.println.


      Sebelum kita masuk materi alangkah baiknya jika kita menganal dahulu apa sih java itu?apa saja aturan dasar pada java? nah disini diblog ini saya mencoba untuk mengupas tentang java secara keseluruhan.

     Java merupakan salah satu bahasa pemograman yang bersifat multiplatform dengan slogan dari para pengambangnya adalah "write once everywhere"  sehingga aplikasi yang dikembangkan menggunakan bahasa java akan dapat dijalankan pada berbagai macam platform atau sistem operasi .

     ATURAN DASAR:
     Dalam menuliskan suatu program java kita harus memeperhatikan aturan-aturan yang terdapat pada java, seperti berikut:

  1. pemrograman java bersifat case-sensitive artinya bentuk String dan string akan dianggap berbeda.
  2. java mengabaikan spasi kosong.
  3. tanda {} adalah pengelompokan dalam java yang menandai awal dan akhir bagian suatu program.
  4. setiap pertanyataan harus diakhiran dengan tanda ; System.out.println("hallo ");
  5. simbol // atau /*........*/ adalah simbol untuk membuat suatu komentar. komenter dibuat untuk menjelaskan bagian dari syntax java.
  6. nama file harus sama dengan public class. dan setiap penulisan public class harus dengan huruf besar contoh : public class Coba maka program tersebut harus disimpan dengan nama Coba.

     Salah satu sifat dari java ada OOP ( Object Oriented Programming). istilah-istilah penting dalam OOP:
  1. Objek      : dalam kbbi objek diartikan sebagai benda misalnya kita tinggal disebuah rumah maka rumah ini adalah sebagai objek. Dalam OOP rumah kita merupakan intance dan class adalah rumah.
  2. Atribut     : misalnya suatu class bernama Motor akan memiliki attribut seperti roda,mesin,knalpot,rantai dan lain-lain.
  3. method/metode  : merupakan representasi dari operasi-operasi yang dilakukan oleh sebuah objek. denganmethode ini maka dapat memecah program menjadi beberapa bagian yang akan mempermudahkan kita dalam memecahkan permasalahan yang ada. contohnya : public class coba{ public static void main (String[] args){ cetak();} static void cetak(){System.out.println(" method dicetak " );}}                                                               maka static void cetak adalah method dari program yang beguna untuk memanggil method dicetak.
  4. class   :  merupakan cetakan yang digunakan untuk membuat suatu objek.
  5. enkapsulapsi    : adalah pembungkusan, jadi program yang buat telah dibungkus terlebih dahulu guna menyembunyikan informasi detail dari suatu class.
  6. inheritance       :merupakan penuran sifat atau pewarisan sifat membuat class baru yang memiliki sifat sama atau mewariskan atribut atau method dari class sebelumnya.
  7. polimorphisme    : mempunyai banyak bentuk dengnan kata lain kita dapat menimpa suatu method yang berasal dari super class sehingga mempunyai kelakuan yang berbeda
DASAR PROGRAM

public class Test
{
   public static void main(String [] args)
   {
     System.out.print("satu...");
     System.out.print("dua...");
     System.out.print("tiga...");
     System.out.println("ayo belajar java");
     System.out.println("selamat datang didunia java");
   }
}

      Untuk merunningkan saya menggunakan jdk8, tapi syntax bisa digunakan pada semua versi java.
nah, disyntax ini saya akan mencoba menjelaskan perbedaan menggunakan print dan println.sederhananya  kalau menggunakan print untuk mencetak inputan satu baris, kalau println mencetak inputan beda baris. namun disini perlu ditekankan bahwa mengunakan System.out.println("ayo belajar java"); bukan untuk mencetak ayo belajar java dibaris yang berbeda namun untuk mencetak cetak selamat datang didunia java pada baris baru. jadi println digunakan untuk mencetak baris baru pada perintah berikutnya.

hasil:

Download Coding:


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perbedaan variable dan konstanta serta contoh program java nya.

Cara Membuat Komentar Pada Java