Pemograman simple untuk GUI



    Pemograman grafis merupakan pemograman yang cukup menarik karna menghasilkan aplikasi yang bersifat visual dan kebaanyakan pengguna akan cenderung senang dengan hal yang visual atau nyata dari pada susunan taxt kalimat.

Ada tiga jenis objek yang diperlukan untuk membuat GUI berbasis java, yaitu:

  1.  Komponen, merupakan objek yang akan ditampilkan pada layar yang akan menjadi sarana untuk berintekrasi dengan pengguna. Contoh kompnen : button, text, label,scroll bar dan menu.
  2. Event, merupakan objek yang menunjukkan even/peristiwa yang terjadi pada komponen. Misalnya seperti, menekan button memasukkan text kedalam text.
  3. Listener, merupakan objek yang akan menunggu aksi yang terjadi dan memberi respon setelah selesainya aksi tersebut.


    Ada dua istilah yang harus anda ketahui ketika membangun aplikasi GUI pada java, yaitu frames dan panels.

   frames merupakan sebuah container yang digunakan untuk menampilkan aplikasi GUI. Sebuah frames ditampilkan sebagai jendela sendiri dengan label judul sendiri dan dapat dipindahkan  posisi dan ukurannya dengan dengan menggunakan mouse. frames didefinisikan sebagai class Jframe.
   Panes sebemarnya juga sebuah container, namun tidak dapat ditampilkan sendiri tetapi harus ditambahkan pada container yang lain juga.

Contoh program:

Pertama kita buat dulu kelas induknya:

import javax.swing.*;
import javax.swing.JFrame;
public class Grapik {
public static void main (String[] args) {
JFrame frame = new JFrame("Push Counter");
frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
CounterPanel panel = new CounterPanel();
frame.getContentPane().add(panel);
frame.pack();
frame.setVisible(true);
}
}

Pada kode program diatas terlihat memanggil kelas baru yaitu class CounterPane. untuk itu kita buatkan class nya dengan prinsip inheritents menggunakan extends.

import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import javax.swing.*;
public class CounterPanel extends JPanel {
private int hitung;
private JButton tekan;
private JLabel label;
public CounterPanel()
{
hitung=0;
tekan=new JButton("tekan !");
tekan.addActionListener(new ButtonListener());
label= new JLabel("tekan: " +hitung);
add(tekan);
add(label);
setBackground(Color.red);
setPreferredSize(new Dimension(300,40));
}
private class ButtonListener implements ActionListener
{
public void actionPerformed(ActionEvent event)
{
hitung++;
label.setText("tekan: " +hitung);
}
}


}

jalankan kode program diatas sehingga tampilannya menjadi seperti berikut:



Setiap kita mengklik tombol tekan maka text tekan akan bertambah 1.

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan variable dan konstanta serta contoh program java nya.

Cara Membuat Komentar Pada Java

Pengertian java dan perbedaan system.out.print dengan system.out.println.