#1. CMS DRUPAL : Pengenalan CMS Drupal



MODUL 1 : PENGENALAN DRUPAL 



Tujuan Pembelajaran:
                         • Mampu mengenali Drupal CMS
                         • Mengetahui sejarah Drupal CMS
                         • Mampu mengetahui pengertian Drupal CMS
                         • Dapat mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan Drupal CMS

A. Sejarah Drupal CMS 

          Drupal adalah salah satu CMS (Content Management System) yang cukup populer. Sejarah asal mula munculnya CMS Drupal ini diawali oleh Dries Buytaert, (lahir di Belgia, 19 Nopember 1978), seorang PhD dalam Ilmu Komputer pada 27 Januari 2008 pada Universitas Ghent, membangun Drupal hampir tanpa sengaja yang dimulai sekitar tahun 1998 dan 1999. Saat belajar di kampus dengan kawan-kawannya, Dries belajar dengan menggunakan internet nirkabel. Bersama-sama mereka mencoba membangun jaringan lokal (Local Area Network, LAN). Karena dibutuhkan banyaknya komunikasi dan pertukaran informasi dalam proyek LAN tersebut, Dries memutuskan untuk membuat aplikasi Forum Diskusi. “Forum Diskusi” ini bisa diakses lewat LAN mereka dan setelah Dries lulus, diputuskannya untuk memindahkan “Forum Diskusi” tadi ke internet dengan sebuah situs. 

          Awalnya Dries ingin mendaftarkan situs dalam Bahasa Belanda “Dorpje” yang berarti “desa kecil”. Saat mendaftarkan domain Dries salah mengetikkan domain dan mengisinya dengan “Drop”, bukan Dorpje seperti yang diinginkan sebelumnya. Tapi kemudian dia mempertahankan nama tersebut karena belum ada yang memiliki. Jadi situs internet pertama yang menggunakan versi online Drupal adalah Drop.org. Sekitar satu tahun kemudian, sekitar tahun 2000 atau 2001, Dries mendapatkan banyak ide dan fitur baru dari orang lain yang tertarik dengan “Papan 2 Pesan” buatannya itu. 

          Dries kemudian melakukan penelitian pada pasokan RSS, Moderasi Konten dan teknologi internet lain. Saat ketertarikan pada softwarenya berkembang, permintaan akan fitur baru juga bertambah. Dries memutuskan softwarenya menjadi open source supaya komunitas bisa bereksperimen sendiri dengan software tersebut, dan dia tetap memiliki waktu sendiri dalam eksperimen dan pengembangan. Saat itulah kemudian “Papan Diskusi”nya menjadi Software Open Source “Drupal”. 

          Drupal sendiri merupakan produk dari beberapa kejadian yang tidak diduga Salah satu kejadian tersebut berhubungan dengan situs Kerneltrap.org yang dikelola Jeremy Andrews. Dries mengirimi Jeremy email dan menyarankannya menggunakan Drupal pada situsnya. Keduanya kemudian bekerja sama untuk menangani lonjakan trafik internet yang tak terduga. Dari hasil kolaborasi tersebut, Jeremy membuat beberapa modul dan menulis beberapa artikel tentang modul Drupalnya dan cara kerja Drupal. Dia fokus pada karakteristik teknis Drupal. Inilah yang kemudian membawa banyak ketertarikan komunitas internet atas Drupal. 

          Drupal terus berkembang dan Drupal.org, situs utama Drupal yang kini memiliki lebih dari 350.000 anggota, menyediakan dukungan dan dokumentasi untuk implementasi Drupal. Jutaan salinan software ini sudah diunduh sejak dirilis. Drupal.org didaftarkan pada tanggal 26 April 2001.

B. Pengertian Drupal CMS 

          Drupal adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen konten yang bebas dan terbuka yang di distribusikan dibawah lisensi GPL, pengembangan dan perawatannya dilakukan oleh ribuan komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia. Dibuat dengan bahasa pemrograman PHP, Drupal dapat dipasang pada beberapa jenis database seperti MySQL, PostgreSQL, SQLite,MariaDB dan juga MsSQL. Web server yang mendukung diantaranya Apache, Nginx, IIS yang berjalan pada sistem operasi Cross-platform seperti Microsoft Windows, Mac OS X, Linux dan FreeBSD. 

         Drupal dapat diunduh secara bebas dan dapat digunakan secara bebas, sehingga memungkinkan setiap orang baik secara individu maupun 3 komunitas untuk mempublikasi, mengatur, mengelola dan mengorganisir berbagai jenis dari isi/konten pada website. Kemampuannya tidak sekedar sebagai CMS, namun dengan modul API-nya Drupal juga dapat digunakan sebagai CMF dalam membangun aplikasi berbasis Web. Drupal dapat digunakan untuk membangun: 
               • Portal Web Komunitas 
               • Forum Diskusi 
               • Website Perusahaan 
               • Aplikasi Internal 
               • Website Personal atau Blog 
               • Aplikasi Komersial E-commerce 
               • Kumpulan Sumber Informasi 
               • Situs Jaringan Sosial 
               • Jaringan intranet 
               • Surat Kabar (Newsletter)

C. Kelebihan dan Kekurangan Drupal CMS 

Kelebihan Drupal 

1. Instalasi juga cukup mudah 
2. kemudahan dalam membuat modul 
3. support database selain MySQL 
4. lebih ringan 

Kekurangan drupal 

1. Bukan CMS yang baik untuk dijadikan bahan pembelajaran membuat template 
2.untuk melakukan setup pada server memerlukan lebih banyak waktu dan pengetahuan dibandingkan dengan wordpress atau joomla, otomatis dana yang dikeluarkan pasti lebih besar.


Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan variable dan konstanta serta contoh program java nya.

Cara Membuat Komentar Pada Java

Pengertian java dan perbedaan system.out.print dengan system.out.println.